Rabu, 16 Mei 2018

MAKALAH STRATEGI PEMASARAN PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk




 MAKALAH STRATEGI PEMASARAN

PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk



DISUSUN OLEH :
                 NAMA       : Indah Ariyani                                
                 NIM            : 216.01.0030




DOSEN PENGASUH :
SUPRIYANTO, SP., M.Si




          SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MUSI RAWAS
(STIE-MURA)
2018
KATA PENGANTAR
           

Puji syukut penulis panjatkan kehadirat Allah yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Strategi Pemasaran PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.” Dan sebagai syarat untuk melengkapi tugas mata kuliah Pengantar Bisnis.
Selama proses penulisan makalah ini, pemulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung. Untuk itu dari hati yang paling dalam penulis menyampaikan ucapan terima kasih pada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan makalah ini.
Sebagai manusia biasa penulis menyadari bahwa dalam rangka penulisan makalah ini masih banyak terdapat kekurangan dan kekeliruan, baik dari segi isi maupun dari segi penulisannya. Segala kritikan dan masukan dari semua pihak sangat kami harapkan untuk perbaikan makalah ini.














DAFTAR ISI


Kata Pengantar.......................................................................................................... i
Daftar Isi.................................................................................................................. ii
BAB I   PENDAHULUAN.................................................................................... 1
1.1  Latar Belakang................................................................................................... 1
1.2  Rumusan Masalah.............................................................................................. 1
1.3  Tujuan................................................................................................................ 2
BAB II PEMBAHASAN....................................................................................... 3
1.1  Sejarah PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk............................................. 3
1.2  Visi dan Misi PT. Indofood CPB Sukses Makmur Tbk.................................... 4
1.3  Tujuan didirikannya PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Bandung......... 4
1.4  Struktur Organisasi PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk
Cabang Bandung............................................................................................... 5
1.5  Strategi Pemasaran............................................................................................. 6
BAB III                                                                                                             PENUTUP               9
3.1  Kesimpulan …………………………………………………………..…..        9
3.2  Saran…………………………………………………………..………….        9
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………..       10                      
BAB I
PENDAHULUAN

1.1              LATAR BELAKANG
Strategi pemasaran merupakan rencana yang menjabarkan ekspektasi perusahaan akan dampak dari berbagai aktifitas atau program pemasaran terhadap produk di pasar. Program pemasaran meliputi tindakan-tindakan pemasaran yang dapat mempengaruhi permintaan terhadap produk, diantaranya mengubah harga, memodifikasi kampanye iklan, merancang promosi khusus, menentukan saluran distribusi dan sebagainya. Perusahaan dapat menggunakan dua atau lebih program pemasaran secara bersamaan, sebab tiap jeniprogram (periklanan, promosi penjualan, personal selling, layanan pelanggan, atau pengembangan produk) memiliki pengaruh yang berbeda beda terhadap permintaan. Oleh sebab itu dibutuhkan mekanisme yang dapat mengoordinasikan program-program pemasaran agar konsisten, sejalan, dan terintegrasi secara tepat.
Untuk mewujudkan visi dan misi perusahaan maka perusahaan dapat menggunakan strategi pemasaran sebagai salah satu cara untuk mengoptimalkan program-program pemasaran perusahaan supaya dapat memberikan “value added” bagi perusahaan tersebut. Oleh karena itu, untuk mewujudkannya diperlukan program pemasaran yang konsisten dan di dasarkan pada strategi marketing. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pemasaran didalam suatu perusahaan sangat penting dan dibutuhkan untuk produktivitas perusahaan.

1.2              Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas ,  penulis merumuskan rumusan masalah sebagai berikut :
1.       Apa visi dan misi PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. ?
2.       Bagaimana Struktur Organisasi  di dalam PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. ?
3.       Bagaimana Strategi Pemasaran PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. ?

1.3              Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan ini yaitu :
1.       Menjelaskan visi dan misi dari PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
2.       Menjelaskan struktur organisasi yang ada dalam PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
3.       Meenjelaskan Strategi Pemasaran yang dilakukan oleh  PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.




BAB II
PEMBAHASAN


2.1     Sejarah PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Merupakan salah satu perusahaan mie instant dan makanan olahan terkemuka di Indonesia yang menjadi salah satu cabang perusahaan yang dimiliki oleh Salim Group.
PT. Indofood CBPS Sukses Makmur Tbk. Cabang Bandung didirikan pada bulan mei 1992 dengan nama PT. Karya Pangan Inti Sejati yang merupakan cabang dari PT. Sanmaru Food Manufacturing Company Ltd. Yang perpusat di Jakarta dan mulai beroperasi pada bulan Oktober 1992. Pada tahun 1994, terjadi penggabungan beberapa anak perusahaan yang berada di lingkup Indofood Group, sehingga mengubah namanya menjadi PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Yang khusus bergerak dalam bidang pengolahan mie instan.
Standarisasi yang berlaku di semua pabrik tersebut telah disertifikasi ole SGS melalui sertifikat International Standard Operation (ISO) termasuk PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Selain itu PT. Indofood CBP Suskses Makmur Tbk.  juga memiliki sertifikat Hazard Analysis Critical Conrol Point (HACCP) dan sertifikat halal yangberlaku untuk emua produk internasional. Pada 21 Maret 1998, PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. memperoleh sertifikat manajemen mutu ISO versi 9001 yang diserahkan di Jakarta pada 3 Maret 1999. Kemudian pada 5 Februari 2004 PT. Indofood CBP Sukses Makmur  Tbk. diperoleh sertifikat ISO 9001:2000 (ISO 9001 versi 2000) dari badan akreditasi SGS International of Indonesia. Hal ini ditunjukan melalui slogan yang terdapat pada logo Indofood “The Symbol of Quality Foods” atay “Lambang Makanan Bermutu” yang mengandung konsekuensi hanya produk bermutulah yang dihasilkan. Produk bermutu tida hanya dibuat dari bahab baku pilihan, tetapi di proses secara higienis dan memenuhi unsur kandungan gizi dan halal.

2.2   Visi dan Misi PT. Indofood CPB Sukses Makmur Tbk.
Visi dan misi yan di tunjukan oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. adalah realistik, spesifik, dan meyakinkan yang merupakan penggambaran citra, nilai, arah, dan tujuan untuk masa depan perusahaan.
Visi : “Menjadi perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pangan  dengan produk bermutu, berkualitas, aman untuk di konsumsi dan menjadi pemimpin di industri makanan”.
Misi : “Menjadi perusahaan transnasional yang dapat membawa nama indonesia di bidang industri makanan”.

2.3  Tujuan didirikannya PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Bandung
Ø  Memperluas bidang usaha secara terus menerus melalui bidang usaha internal maupun  pengembangan usaha strategis.
Ø  Mengurangi biaya transportasi
Ø  Selalu meningkatkan kesejahteraan karyawan
Ø  Mensuplai daerah lain yang selalu kekurangan persediaan barang
Ø  Berperan serta dalam pelestarian lingkungan hidup dan peningkatan kesejahteraan masyarakat
Kultur perusahaan ini dikenal dengan nama “CONSISTENT” (Consumer, Innovation, Staff, Excellence, and Team Work). Sumber kekuatan dalam menghadapi tantangan ini bisa dilihat darisisi konsumen, inovasi, karyawan, keunggulan, produk, dan kerjasama tim. Maksud dari akronim “CONSISTENT” adalah keberhasilan perusahaan tergantung pada kepuasan pelanggan, inovasi merupakan kunci pertumbuhan di masa depan, staff yang handal merupakan aset terbesar perusahaan, kesempurnaan adalah pandangan hidup perusahaan, dan kerjasama tim mnjadikan perusahaan sebagai pemenang.




2.4  Struktur Organisasi PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Cabang Bandung
Kedudukan tertinggi di PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. adalah seorang Manajer Umun (General Manager) dan dalam melakukan tugasnya dibantu oleh Sekretaris Manajer.  Manajer Umum ini membawahi :
ü  Manajer Pabrik (Fatory Manager)
ü  BPDQC (Broanch Process Development and Quality Control)
ü  Manajer Keuangan (Finance and Accounting Manager)
ü  Manajer Pemasaran ( Area Sales and Promotion Manager)
ü  Manajer Personalia ( Branch Personal Manager)
ü  Puchasing Officer
Manajer Pabrik membawahi :
ü  Supervisor Produksi (Production Supervisor)
ü  Manajer Teknik (Technical Manager)
ü  Manajemen Gudang (Warehouse Manager)
ü  Supervisor PPIC (Production Planning and Inventory Control)
ü  Manajer Pengembangan dan Pengawasan Mutu Produk (Broanch Process
Development and Quality Control) membawahi :
Ø  Supervisor Pengawasan Mutu Proses (Quality Control Process Supervisor)
Ø  Supervisor Pengawasan Mutu Bahan Baku/Produk Jadi (Quatlty  Raw Material/Finished Gd Supervisor)
Ø  Manajer Personalia (Branch Personnel Manager) membawahi :
Ø  Supervisor Hubungan Industri (Industrial Relation Supervisor)
Ø  Supervisor Administrasi dan Gaji (Administration and Wages Supervisor)
Ø  Supervisor Jasa dan Layanan Umum (General Affair and Service Supervisor)
Ø  Supervisor Keamanan (Security Supervisor)
Ø  Supervisor Hubungan Publik (Public Relations Supervisor)
Ø  Manajer Pemasaran (Area Sales Promotion Manager) terbagi kedalam 2 wilayah yang membawahi ASPS (Area Sales Promotion)

2.5  Strategi Pemasaran
PT. Indofoof CBP Sukses Makmur Tbk. Memiliki orientasi pasar,  dimana produksi yang dilakukan oleh perusahaan disesuaikan dengan permintaan pasar. Perusahaan selalu berusaha memenuhi kebutuhan konsumen, baik dalam kuantitas maupun kualitas produk. Oleh karena itu, perusahaan selalu mengembangkan inovasi guna memenuhi kepuasan pelanggan, khususnya selera konsumen.
Srategi pemasaran dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut:
1.       Faktor mikro, yaotu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2.       Faktor makro, yaitu demografi atau ekonomi, politik atau hukum, teknologi atau fisik dan sosial atau budaya.
Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran :
1.       Sudut pandang penjual
-          Tempat yang strategis (place)
-          Produk yang bermutu (product)
-          Harga yang kompetitif (price)
-          Promosi yang gencar (promotion)
2.       Sudut pandang konsumen
-          Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer need and want’s)
-          Biaya konsumen (cost to the customer)
-          Kenyamanan (convenience)
-          Komunikasi (communication)
Karakterisik perusahaan dalam melakukan kegiatan produksi yang dimiliki PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Yakni bersifat mass production, yaitu jenis barang yang diproduksi relatif sedikit tetapi dengan volume produksi yang besar, permintaan produk tetap/stabil, demikian juga desain produk jarang sekali berubah bentuk dalam jangka waktu pendek atau menengah.
Disamping produksi PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Pun turut  memperhatikan pemasaran produk sehingga memungkinkan perusahaan untuk semakin berkembang. Berbagai cara kegiatan promosi dilakukan, seperti advertising (periklanan) baik itu di media cetak maupun media elektronik dan papan-papan reklame. Sedangkan kegiatan sales promotion meliputi pembagian hadia baik secara langsung maupun tidak langsung melalui undian-undian berhadiah.
Produk Indofood banyak di promosikan melalui :
-          Media elektronik dan cetak yang menarik
-          Papan billboard di jalan-jalan besar
-          Mangadakan ajang lomba membuat jingle untuk Indomie
Salah satu produk PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk yang melakukan promosi besar-besaran dan berhasil terkenal luas hingga mancanegara adalah Indomie. Rasanya yang enak merupakan salah satu daya tarik utama mengapa produk ini dapat dikenal luas. Indomie memiliki tad line yang sangat sederhana namun sangat pas dan ringan untuk didengar dan diingat oleh masyarakat yaitu, “Indomie Seleraku” sedangkan nama atau merk indomie menjad salah satu keberhasilan dari memilih nama produk sehingga produk tersebut banyak dikenal khususnya oleh masyarakat Indonesia. Nama yang singkat, sederhana namun unik, mudah diingat, menjadi beberapa faktor dari keberhasilan tersebut. Masyarakat Indonesia sendiri beranggapan bahwa nama atau merk Indomie berasal dari kepanjangan Indonesia Me sehingga menimbulkan asumsi bahwa indomie membawa jati diri bangsa.
Salah satu promosi Indommie yang cukup unik adalah dengan mengajak konsumen untuk bercerita seputar pengalamannya  bersama Indomie. Cara ini juga tergolong cukup sukses dilihat dari antusiasme masyarakat dalam mengirim cerita-ceritanya tersebut dan dimuat dalam media elektronik yaitu iklan televisi.
Mengapa Indomie dapat terkenal hingga mancanegara? Indomie secara tidak langsung terpromosikan karena sering menjadi salah satu bantuan makanan untuk korban bencana alam baik didalam negeri maupun diluar negeri. Banyak warga Negara Indonesia di negara lain yang sering membawa prodik Indomie ke negara mereka tinggal sebagai salah satu makanan instant favorit. Indomie kini bukan hanya dapat dijumpai di Indonesia, tetapi juga di Amerika Serikat, Australia, berbagai negara di Asia Afrika bahkan di Eropa.
Pemasaran mi instan di PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Bandung dibagi kedalam dua wilayah pemasaran. Wilayah pemasaran I meliputi Bandung, Purwakarta, dan Sukabumi. Sedangkan untuk wilayah pemasaran II meliputi Tasikmalaya, Garut, Cirebon, dan Jatibarang.
Akhir tahun 1980, PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.mulai bergerak di pasar Internasionaldengan mengekspor mi instan ke beberapa negara ASEAN, Timur Tengah, Hongkong, Taiwan, China, Belanda, Inggris, Jerman, Australia, dan negara-negara di Afrika.
Divisi mi instan merupakan divisi terbesar di Indofood dan pabriknya tersebar di 15 kota, diantaranya Medan, Pekanbaru, Palembang, Tangerang, Lampung, Pontianak, Manado, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Makasar, Cibitung, Jakarta, Bandung dan Jambi, sedangkan cabang tanpa pabrik yaitu Solo, Bali, dan Kendari. Hal ini bertujuan  agar produk yang dihasilkan cukup didistribusikan ke wilayah sekitar kota dimana pabrik berada, sehingga produk dapat diterima oleh konsumen dalam keadaan segar serta membantu program pemerintah melalui pemerataan tenaga kerja.






BAB III
PENUTUP

3.1   Kesimpulan

Dari apa yang sudah dibahas di atas ada beberapa hal yang dapat disimpulkan, bahwa pembuatan produk atau jasa yang diinginkan oleh konsumen harus menjadi focus kegiatan operasional maupun perencanaan suatu perusahaan. Pemasaran yang  berkesinambungan harus adanya koordinasi yang baik dengan berbagai departemen (tidak hanya dibagian pemasaran saja), sehingga dapat menciptakansinergi di dalam upaya melakukan kegiatan pemasaran.

3.2   Saran
1.      PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. khususnya produk indomie, harus dapat mempertahankan ciri khas produknya.
2.      PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. harus memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi mengenali kebutuhan dan keinginan konsumen yang heterogen mengingat keinginan konsumen yang berubah-ubah sehingga dapat mengetahui dengan jelas kebutuhan dan keinginan dari konsumen. Itu dilakukan agar kegiatan produksi sesuai dengan target yang diinginkan.
3.      PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. dapat melakukan pemanfaatan dan pengalokasian modal dengan tepat yang digunakan untuk pengembangan teknologi seoptimal mungkin.
4.      PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. dapat lebih bijak dalam pemilihan bahan baku dan bahan pembantu agar tetap menjaga kualitas produk, sehingga tidak banyak mengandung bahan kimia yang dapat merugikan para penikmat produk Indofood.



DAFTAR PUSTAKA


nurseptiyani2.blogspot.com/2014/04/
tryakhuntry.blogspot.co.id/2016/06/manajemen-strategi-pada-pt-indofood.html
David, F. R. 2006. Manajemen Strategis, Konsep. Edisi 10 (terjemahan). Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Iswono Andi. 2010. “Pemilihan Strategi”. http://www.slideshare.net/andiazka/man-strat-bisnis-2.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar