MAKALAH STRATEGI PEMASARAN
PT.
Indofood CBP Sukses Makmur Tbk
DISUSUN OLEH :
NAMA : Indah
Ariyani
NIM :
216.01.0030
DOSEN PENGASUH :
SUPRIYANTO, SP., M.Si
SEKOLAH
TINGGI ILMU EKONOMI MUSI RAWAS
(STIE-MURA)
2018
KATA
PENGANTAR
Puji syukut penulis panjatkan kehadirat Allah yang telah
memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah
yang berjudul “Strategi Pemasaran PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.” Dan
sebagai syarat untuk melengkapi tugas mata kuliah Pengantar Bisnis.
Selama proses penulisan makalah ini, pemulis memperoleh
banyak bantuan dari berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Untuk itu dari hati yang paling dalam penulis menyampaikan ucapan terima kasih
pada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan makalah ini.
Sebagai manusia biasa penulis menyadari bahwa dalam rangka
penulisan makalah ini masih banyak terdapat kekurangan dan kekeliruan, baik
dari segi isi maupun dari segi penulisannya. Segala kritikan dan masukan dari
semua pihak sangat kami harapkan untuk perbaikan makalah ini.
DAFTAR ISI
Kata Pengantar.......................................................................................................... i
Daftar Isi.................................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................... 1
1.1 Latar Belakang................................................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah.............................................................................................. 1
1.3 Tujuan................................................................................................................ 2
BAB II PEMBAHASAN....................................................................................... 3
1.1 Sejarah PT. Indofood CBP Sukses
Makmur, Tbk............................................. 3
1.2 Visi dan Misi PT. Indofood CPB
Sukses Makmur Tbk.................................... 4
1.3 Tujuan didirikannya PT. Indofood CBP
Sukses Makmur Tbk. Bandung......... 4
1.4 Struktur Organisasi PT. Indofood CBP
Sukses Makmur Tbk
Cabang Bandung............................................................................................... 5
1.5 Strategi Pemasaran............................................................................................. 6
BAB III PENUTUP 9
3.1 Kesimpulan
…………………………………………………………..….. 9
3.2 Saran…………………………………………………………..…………. 9
DAFTAR
PUSTAKA……………………………………………………….. 10
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Strategi
pemasaran merupakan rencana yang menjabarkan ekspektasi perusahaan akan dampak
dari berbagai aktifitas atau program pemasaran terhadap produk di pasar.
Program pemasaran meliputi tindakan-tindakan pemasaran yang dapat mempengaruhi
permintaan terhadap produk, diantaranya mengubah harga, memodifikasi kampanye
iklan, merancang promosi khusus, menentukan saluran distribusi dan sebagainya.
Perusahaan dapat menggunakan dua atau lebih program pemasaran secara bersamaan,
sebab tiap jeniprogram (periklanan, promosi penjualan, personal selling,
layanan pelanggan, atau pengembangan produk) memiliki pengaruh yang berbeda
beda terhadap permintaan. Oleh sebab itu dibutuhkan mekanisme yang dapat
mengoordinasikan program-program pemasaran agar konsisten, sejalan, dan
terintegrasi secara tepat.
Untuk
mewujudkan visi dan misi perusahaan maka perusahaan dapat menggunakan strategi
pemasaran sebagai salah satu cara untuk mengoptimalkan program-program
pemasaran perusahaan supaya dapat memberikan “value added” bagi perusahaan
tersebut. Oleh karena itu, untuk mewujudkannya diperlukan program pemasaran
yang konsisten dan di dasarkan pada strategi marketing. Dari uraian diatas
dapat disimpulkan bahwa pemasaran didalam suatu perusahaan sangat penting dan
dibutuhkan untuk produktivitas perusahaan.
1.2
Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang diatas , penulis
merumuskan rumusan masalah sebagai berikut :
1. Apa visi dan misi PT. Indofood CBP
Sukses Makmur Tbk. ?
2. Bagaimana Struktur Organisasi di dalam PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
?
3. Bagaimana Strategi Pemasaran PT.
Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. ?
1.3
Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan ini
yaitu :
1. Menjelaskan visi dan misi dari PT.
Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
2. Menjelaskan struktur organisasi yang
ada dalam PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
3. Meenjelaskan Strategi Pemasaran yang
dilakukan oleh PT. Indofood CBP Sukses
Makmur Tbk.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Sejarah
PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
PT. Indofood
CBP Sukses Makmur Tbk. Merupakan salah satu perusahaan mie instant dan makanan
olahan terkemuka di Indonesia yang menjadi salah satu cabang perusahaan yang
dimiliki oleh Salim Group.
PT.
Indofood CBPS Sukses Makmur Tbk. Cabang Bandung didirikan pada bulan mei 1992
dengan nama PT. Karya Pangan Inti Sejati yang merupakan cabang dari PT. Sanmaru
Food Manufacturing Company Ltd. Yang perpusat di Jakarta dan mulai beroperasi
pada bulan Oktober 1992. Pada tahun 1994, terjadi penggabungan beberapa anak perusahaan
yang berada di lingkup Indofood Group, sehingga mengubah namanya menjadi PT.
Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Yang khusus bergerak dalam bidang pengolahan
mie instan.
Standarisasi
yang berlaku di semua pabrik tersebut telah disertifikasi ole SGS melalui
sertifikat International Standard Operation (ISO) termasuk PT. Indofood CBP
Sukses Makmur Tbk. Selain itu PT. Indofood CBP Suskses Makmur Tbk. juga memiliki sertifikat Hazard Analysis
Critical Conrol Point (HACCP) dan sertifikat halal yangberlaku untuk emua
produk internasional. Pada 21 Maret 1998, PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
memperoleh sertifikat manajemen mutu ISO versi 9001 yang diserahkan di Jakarta
pada 3 Maret 1999. Kemudian pada 5 Februari 2004 PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. diperoleh sertifikat ISO 9001:2000 (ISO
9001 versi 2000) dari badan akreditasi SGS International of Indonesia. Hal ini
ditunjukan melalui slogan yang terdapat pada logo Indofood “The Symbol of
Quality Foods” atay “Lambang Makanan Bermutu” yang mengandung konsekuensi hanya
produk bermutulah yang dihasilkan. Produk bermutu tida hanya dibuat dari bahab
baku pilihan, tetapi di proses secara higienis dan memenuhi unsur kandungan
gizi dan halal.
2.2 Visi dan Misi PT. Indofood CPB
Sukses Makmur Tbk.
Visi dan
misi yan di tunjukan oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. adalah realistik,
spesifik, dan meyakinkan yang merupakan penggambaran citra, nilai, arah, dan
tujuan untuk masa depan perusahaan.
Visi :
“Menjadi perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan produk bermutu, berkualitas, aman
untuk di konsumsi dan menjadi pemimpin di industri makanan”.
Misi : “Menjadi perusahaan transnasional yang dapat membawa
nama indonesia di bidang industri makanan”.
2.3 Tujuan
didirikannya PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Bandung
Ø Memperluas bidang usaha secara terus
menerus melalui bidang usaha internal maupun
pengembangan usaha strategis.
Ø Mengurangi biaya transportasi
Ø Selalu meningkatkan kesejahteraan
karyawan
Ø Mensuplai daerah lain yang selalu
kekurangan persediaan barang
Ø Berperan serta dalam pelestarian
lingkungan hidup dan peningkatan kesejahteraan masyarakat
Kultur perusahaan ini dikenal dengan nama “CONSISTENT”
(Consumer, Innovation, Staff, Excellence, and Team Work). Sumber kekuatan dalam
menghadapi tantangan ini bisa dilihat darisisi konsumen, inovasi, karyawan,
keunggulan, produk, dan kerjasama tim. Maksud dari akronim “CONSISTENT” adalah
keberhasilan perusahaan tergantung pada kepuasan pelanggan, inovasi merupakan
kunci pertumbuhan di masa depan, staff yang handal merupakan aset terbesar
perusahaan, kesempurnaan adalah pandangan hidup perusahaan, dan kerjasama tim
mnjadikan perusahaan sebagai pemenang.
2.4 Struktur
Organisasi PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Cabang Bandung
Kedudukan
tertinggi di PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. adalah seorang Manajer Umun
(General Manager) dan dalam melakukan tugasnya dibantu oleh Sekretaris
Manajer. Manajer Umum ini membawahi :
ü Manajer Pabrik (Fatory Manager)
ü BPDQC (Broanch Process Development
and Quality Control)
ü Manajer Keuangan (Finance and
Accounting Manager)
ü Manajer Pemasaran ( Area Sales and
Promotion Manager)
ü Manajer Personalia ( Branch Personal
Manager)
ü Puchasing Officer
Manajer Pabrik membawahi :
ü Supervisor Produksi (Production
Supervisor)
ü Manajer Teknik (Technical Manager)
ü Manajemen Gudang (Warehouse Manager)
ü Supervisor PPIC (Production Planning
and Inventory Control)
ü Manajer Pengembangan dan Pengawasan
Mutu Produk (Broanch Process
Development and Quality Control)
membawahi :
Ø Supervisor Pengawasan Mutu Proses
(Quality Control Process Supervisor)
Ø Supervisor Pengawasan Mutu Bahan
Baku/Produk Jadi (Quatlty Raw
Material/Finished Gd Supervisor)
Ø Manajer Personalia (Branch Personnel
Manager) membawahi :
Ø Supervisor Hubungan Industri
(Industrial Relation Supervisor)
Ø Supervisor Administrasi dan Gaji
(Administration and Wages Supervisor)
Ø Supervisor Jasa dan Layanan Umum
(General Affair and Service Supervisor)
Ø Supervisor Keamanan (Security
Supervisor)
Ø Supervisor Hubungan Publik (Public
Relations Supervisor)
Ø Manajer Pemasaran (Area Sales
Promotion Manager) terbagi kedalam 2 wilayah yang membawahi ASPS (Area Sales
Promotion)
2.5 Strategi
Pemasaran
PT.
Indofoof CBP Sukses Makmur Tbk. Memiliki orientasi pasar, dimana produksi yang dilakukan oleh
perusahaan disesuaikan dengan permintaan pasar. Perusahaan selalu berusaha
memenuhi kebutuhan konsumen, baik dalam kuantitas maupun kualitas produk. Oleh
karena itu, perusahaan selalu mengembangkan inovasi guna memenuhi kepuasan
pelanggan, khususnya selera konsumen.
Srategi
pemasaran dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut:
1. Faktor mikro, yaotu perantara
pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor makro, yaitu demografi atau
ekonomi, politik atau hukum, teknologi atau fisik dan sosial atau budaya.
Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran
:
1. Sudut pandang penjual
-
Tempat yang strategis (place)
-
Produk yang bermutu (product)
-
Harga yang kompetitif (price)
-
Promosi yang gencar (promotion)
2. Sudut pandang konsumen
-
Kebutuhan dan keinginan konsumen
(customer need and want’s)
-
Biaya konsumen (cost to the
customer)
-
Kenyamanan (convenience)
-
Komunikasi (communication)
Karakterisik
perusahaan dalam melakukan kegiatan produksi yang dimiliki PT. Indofood CBP
Sukses Makmur Tbk. Yakni bersifat mass
production, yaitu jenis barang yang diproduksi relatif sedikit tetapi
dengan volume produksi yang besar, permintaan produk tetap/stabil, demikian
juga desain produk jarang sekali berubah bentuk dalam jangka waktu pendek atau
menengah.
Disamping
produksi PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Pun turut memperhatikan pemasaran produk sehingga
memungkinkan perusahaan untuk semakin berkembang. Berbagai cara kegiatan
promosi dilakukan, seperti advertising (periklanan) baik itu di media cetak
maupun media elektronik dan papan-papan reklame. Sedangkan kegiatan sales
promotion meliputi pembagian hadia baik secara langsung maupun tidak langsung
melalui undian-undian berhadiah.
Produk Indofood banyak di promosikan melalui :
-
Media elektronik dan cetak yang
menarik
-
Papan billboard di jalan-jalan besar
-
Mangadakan ajang lomba membuat
jingle untuk Indomie
Salah satu
produk PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk yang melakukan promosi besar-besaran
dan berhasil terkenal luas hingga mancanegara adalah Indomie. Rasanya yang enak
merupakan salah satu daya tarik utama mengapa produk ini dapat dikenal luas.
Indomie memiliki tad line yang sangat sederhana namun sangat pas dan ringan
untuk didengar dan diingat oleh masyarakat yaitu, “Indomie Seleraku” sedangkan
nama atau merk indomie menjad salah satu keberhasilan dari memilih nama produk
sehingga produk tersebut banyak dikenal khususnya oleh masyarakat Indonesia.
Nama yang singkat, sederhana namun unik, mudah diingat, menjadi beberapa faktor
dari keberhasilan tersebut. Masyarakat Indonesia sendiri beranggapan bahwa nama
atau merk Indomie berasal dari kepanjangan Indonesia Me sehingga menimbulkan
asumsi bahwa indomie membawa jati diri bangsa.
Salah satu
promosi Indommie yang cukup unik adalah dengan mengajak konsumen untuk
bercerita seputar pengalamannya bersama
Indomie. Cara ini juga tergolong cukup sukses dilihat dari antusiasme
masyarakat dalam mengirim cerita-ceritanya tersebut dan dimuat dalam media
elektronik yaitu iklan televisi.
Mengapa
Indomie dapat terkenal hingga mancanegara? Indomie secara tidak langsung
terpromosikan karena sering menjadi salah satu bantuan makanan untuk korban
bencana alam baik didalam negeri maupun diluar negeri. Banyak warga Negara Indonesia
di negara lain yang sering membawa prodik Indomie ke negara mereka tinggal
sebagai salah satu makanan instant favorit. Indomie kini bukan hanya dapat
dijumpai di Indonesia, tetapi juga di Amerika Serikat, Australia, berbagai
negara di Asia Afrika bahkan di Eropa.
Pemasaran
mi instan di PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Bandung dibagi kedalam dua
wilayah pemasaran. Wilayah pemasaran I meliputi Bandung, Purwakarta, dan
Sukabumi. Sedangkan untuk wilayah pemasaran II meliputi Tasikmalaya, Garut, Cirebon,
dan Jatibarang.
Akhir
tahun 1980, PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.mulai bergerak di pasar
Internasionaldengan mengekspor mi instan ke beberapa negara ASEAN, Timur
Tengah, Hongkong, Taiwan, China, Belanda, Inggris, Jerman, Australia, dan
negara-negara di Afrika.
Divisi mi
instan merupakan divisi terbesar di Indofood dan pabriknya tersebar di 15 kota,
diantaranya Medan, Pekanbaru, Palembang, Tangerang, Lampung, Pontianak, Manado,
Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Makasar, Cibitung, Jakarta, Bandung dan Jambi,
sedangkan cabang tanpa pabrik yaitu Solo, Bali, dan Kendari. Hal ini
bertujuan agar produk yang dihasilkan
cukup didistribusikan ke wilayah sekitar kota dimana pabrik berada, sehingga
produk dapat diterima oleh konsumen dalam keadaan segar serta membantu program
pemerintah melalui pemerataan tenaga kerja.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Dari apa
yang sudah dibahas di atas ada beberapa hal yang dapat disimpulkan, bahwa
pembuatan produk atau jasa yang diinginkan oleh konsumen harus menjadi focus
kegiatan operasional maupun perencanaan suatu perusahaan. Pemasaran yang berkesinambungan harus adanya koordinasi yang
baik dengan berbagai departemen (tidak hanya dibagian pemasaran saja), sehingga
dapat menciptakansinergi di dalam upaya melakukan kegiatan pemasaran.
3.2
Saran
1. PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. khususnya produk
indomie, harus dapat mempertahankan ciri khas produknya.
2. PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. harus memiliki
kemampuan untuk mengidentifikasi mengenali kebutuhan dan keinginan konsumen
yang heterogen mengingat keinginan konsumen yang berubah-ubah sehingga dapat
mengetahui dengan jelas kebutuhan dan keinginan dari konsumen. Itu dilakukan
agar kegiatan produksi sesuai dengan target yang diinginkan.
3. PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. dapat melakukan
pemanfaatan dan pengalokasian modal dengan tepat yang digunakan untuk
pengembangan teknologi seoptimal mungkin.
4. PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. dapat lebih bijak
dalam pemilihan bahan baku dan bahan pembantu agar tetap menjaga kualitas
produk, sehingga tidak banyak mengandung bahan kimia yang dapat merugikan para
penikmat produk Indofood.
DAFTAR
PUSTAKA
nurseptiyani2.blogspot.com/2014/04/
tryakhuntry.blogspot.co.id/2016/06/manajemen-strategi-pada-pt-indofood.html
David, F. R. 2006. Manajemen Strategis, Konsep. Edisi 10
(terjemahan). Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar