MAKALAH STRATEGI PEMASARAN
PT.
Aqua Golden Mississippi, Tbk
DISUSUN OLEH :
NAMA : Hadi
Ismanto
NIM :
216.01.0045
DOSEN PENGASUH :
SUPRIYANTO, SP., M.Si
SEKOLAH
TINGGI ILMU EKONOMI MUSI RAWAS
(STIE-MURA)
2018
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Tuhan Yang Maha Esa, kiranya pantaslah
kami memanjatkan puji syukur atas segala nikmat yang telah diberikan kepada
penulis, baik kesempatan maupun kesehatan, sehingga penulis dapat menyelesaikan
makalah Manajemen Pemasaran ini dengan baik. Salam dan salawat selalu tercurah
kepada junjungan kita baginda Rasulullah SAW, yang telah membawa manusia dari
alam jahiliyah menuju alam yang berilmu seperti sekarang ini.
Makalah Manajemen Pemasaran yang telah saya buat berjudul Strategi
Pemasaran PT Aqua Golden Missisippi Tbk . Makalah ini dapat hadir seperti
sekarang ini tak lepas dari bantuan banyak pihak. Untuk itu saya
mengucapkan rasa terima kasih untuk mereka yang telah membantu penulis selama
proses pembuatan makalah ini dari awal hingga akhir.
Namun, saya menyadari bahwa makalah ini masih ada hal-hal
yang belum sempurna dan luput dari perhatian penulis. Baik itu dari bahasa yang
digunakan maupun dari teknik penyajiannya. Oleh karena itu, dengan segala
kekurangan dan kerendahan hati, saya sangat mengharapkan kritik dan saran dari
para pembaca sekalian demi perbaikan makalah ini kedepannya.
Akhirnya, besar harapan penulis agar kehadiran makalah Manajemen
Pemasaran ini dapat memberikan manfaat yang berarti untuk para pembaca. Dan
yang terpenting adalah semoga dapat turut serta memajukan ilmu pengetahuan.
Lubuklinggau, 15 Mei 2018
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ............................................................................... i
DAFTAR ISI .............................................................................................. ii
BAB
I PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang masalah .................................................................... 1
1.2
Rumusan
Masalah .............................................................................. 2
1.3
Kegunaan
Dari Penulisan................................................................... 3
BAB II PEMBAHASAN
2.1
Profil
Perusahaan PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk ....................... 4
2.2
Visi
dan Misi Perusahaan PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk ......... 4
2.3
Strategi Pemasaran Perusahaan PT. Aqua Golden
Mississippi, Tbk . 5
2.4
Strategi Pemasaran dengan Marketing MIX...................................... 6
2.5
Kekuatan dan Kelemahan PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk.......... 7
2.6
Peluang dan Ancaman PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk................ 8
2.7
Penerapan Strategi Dalam Tata Kelola
Perusahaan............................ 9
2.8
Alternatif
Strategi Perusahaan Dalam Menghadapi Persaingan......... 10
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan............................................................................................ 11
3.2 Saran ..................................................................................................... 12
DAFTAR
PUSTAKA................................................................................. 13
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Tujuan
utama yang diharapkan oleh suatu perusahaan dalam kegiatan usahanya adalah
mencapai laba atau nilai yang optimal dengan menggunakan sumberdaya secara
efektif dan efisien untuk kelangsungan hidup perusahaan. Dalam usaha pencapaian
tujuan perusahaan, pihak-pihak yang terlibat paling dominan adalah pihak
manajemen dan para pemegang saham. Guna mencapai tujuan perusahaan tersebut,
pihak manajemen memiliki tujuan untuk mempertahankan keberhasilan yang akan
dicapai dengan melihat kelemahan dan kekuatan yang terdapat dalam perusahaan
serta menjalankan kebijaksanaan perusahaan dengan baik dan tepat. Kebijaksanaan
tersebut meliputi bidang Pemasaran, Keuangan, Sumberdaya Manusia, Produksi dan
sebagainya sehingga memerlukan tinjauan manajmen strategi tertentu.
Mengingat
PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk merupakan perusahaan yang cukup besar, yaitu
sebagai perusahaan yang mempelopori usaha air minum dalam kemasan di Indonesia
sejak tahun 1973. Maka dari itu, pengelolaan modal kerja dalam perusahaan
sangat memerlukan perhatian khusus. Perusahaan juga berkepentingan untuk
menjaga profitabilitasnya dengan baik agar kondisi krisis yang dialami
Indonesia tidak berimbas pada perusahaan sehingga perusahaan akan mampu
memperoleh laba di dalam menjalankan usahanya.
Berdasarkan
uraian di atas, penulis tertarik untuk menganalisis mengenai modal kerja serta
kekuatan dan kelemahan PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk dalam memperoleh laba
atas penggunaan modalnya, terutama dalam hal ini PT. Aqua Golden Mississippi,
Tbk sebagai perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) berusaha untuk tetap
menjaga merk, kemasan, dan produknya sebagai kepuasan pelanggan.
1.2 Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, penulis dapat merumuskan rumusan masalah sebagai
berikut :
1. Apa saja profil perusahaan
PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk ?
2. Apa Visi dan Misi PT.
Aqua Golden Mississippi, Tbk ?
3. Bagaimana
Strategi Pemasaran PT Aqua Golden
Missisippi Tbk ?
4. Bagaimana Strategi Pemasaran dengan Marketing Mix ?
5. Apa kekuatan dan kelemahan Strategi Pemasaran dengan
Marketing Mix ?
6. Apa saja peluang dan ancaman Strategi Pemasaran dengan Marketing Mix ?
7. Bagaimana Penerapan strategi dalam tata
kelola perusahaan ?
8. Apa Alternatif Strategi Perusahaan Dalam Menghadapi
Persaingan ?
1.3 Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan ini
yaitu :
1. Menjelaskan profil perusahaan
PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk
2. Menjelaskan Visi dan Misi PT.
Aqua Golden Mississippi, Tbk
3. Menjelaskan Strategi Pemasaran PT Aqua Golden Missisippi Tbk
4. Menjelaskan Strategi Pemasaran dengan Marketing Mix
5. Menjelaskan kekuatan dan kelemahan Strategi Pemasaran dengan
Marketing Mix
6. Menjelaskan peluang dan ancaman Strategi Pemasaran dengan Marketing Mix
7. Menjelaskan Penerapan strategi dalam tata kelola perusahaan
8. Menjelaskan Alternatif Strategi Perusahaan Dalam Menghadapi Persaingan
1.4 Kegunaan Dari Penulisan
Kegunaan yang diharapkan dalam penulisan ini adalah :
1. Kegunaan
teoritis, untuk mengembangkan wawasan dan pengetahuan serta
memperkaya ilmu pemasaran pada khususnya dan manajemen pada umumnya.
2. Kegunaan
praktis, untuk memberikan kontribusi pemikiran bagi pihak perusahaan
tentang pengaruh Marketing Mix terhadap peningkatan penjualan
produk Aqua.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Profil Perusahan PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk
Aqua adalah sebuah merek air minum dalam kemasan (AMDK) yang
diproduksi oleh PT Aqua Golden Mississippi Tbk di Indonesia sejak tahun 1973.
Selain di Indonesia, Aqua juga dijual di Malaysia, Singapura, dan Brunei. Aqua
adalah merek AMDK dengan penjualan terbesar di Indonesia dan merupakan salah
satu merek AMDK yang paling terkenal di Indonesia, sehingga telah menjadi
seperti merek generik untuk AMDK. Saat ini, terdapat 14 pabrik yang memproduksi
Aqua dengan kepemilikan berbeda-beda (3 pabrik dimiliki oleh PT Tirta
Investama, 10 pabrik dimiliki oleh PT Aqua Golden Mississippi, dan pabrik di
Brastagi, Sumatera Utara dimiliki oleh PT Tirta Sibayakindo).
Sejak tahun 1998, Aqua sudah dimiliki oleh perusahaan
multinasional dalam bidang makanan dan minuman asal Perancis, Grup Danone,
hasil dari penggabungan PT Aqua Golden Mississippi dengan Danone.
Aqua
Group didirikan oleh Tirto Utomo (1930-1994), warga asli Wonosobo yang setelah
keluar bekerja dari Pertamina, dan bekerja di Petronas, mendirikan usaha air
minum dalam kemasan (AMDK).
Tirto
berjasa besar atas perkembangan bisnis atau usaha AMDK di Indonesia, karena
sebagai seorang pionir maka Almarhum berhasil menanamkan nilai-nilai dan cara
pandang bisnis AMDK di Indonesia.
2.2 Visi
dan Misi PT.
Aqua Golden Mississippi, Tbk
Visi
:
AQUA
telah menjadi bagian dari keluarga sehat Indonesia lebih selama lebih dari 30
tahun. Sebagai pelopor air minum dalam kemasan sejak didirikan tahun 1973, kini
AQUA menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidup sehat masyarakat
Indonesia. Dulu dan kini, AQUA tetap dan selalu menjadi yang terbesar dan
terdepan di Indonesia. Volume penjualan AQUA merupakan volume penjualan
terbesar di dunia untuk kategori air mineral.
Misi
:
AQUA
selalu ingin melakukan program untuk menyehatkan konsumen Indonesia, diantaranya
program AKSI (AQUA untuk Keluarga Sehat Indonesia) dan AuAI (AQUA untuk Anak
Indonesia).
2.3 Strategi Pemasaran PT
Aqua Golden Missisippi, Tbk
Manajeman strategi pemasaran yang diterapkan di PT. Aqua
Golden Mississippi adalah :
1) Strategi menarik konsumen
Banyak cara yang sudah dilakukan
oleh PT. Aqua Golden Mississippi untuk menarik konsumen sebanyak mungkin, salah
satunya dengan cara memberi selogan yang bagus dari semua produk, membuat iklan
yang menarik, promosi di setiap pelosok tanah air, dan lain-lain. Hal ini
dimaksudkan agar semua orang tertarik untuk membeli atau mencoba memakai produk
dari PT. Aqua Golden Mississippi yang nantinya diharapkan bisa menjadi
pelanggan dari produk PT. Aqua Golden Mississippi.
2) Strategi mempertahankan pelanggan
Dalam strategi ini PT. Aqua Golden Mississippi berkomitmen
bahwa pelanggan itu yang paling penting untuk perusahaan. Tanpa pelanggan atau
konsumen, perusahaan tidak akan maju dan berkembang. Demi kepuasan pelanggan
PT. Aqua Golden Mississippi memberikan pelayanan dan kualitas yang maksimal
dengan tujuan agar pelanggan selalu merasa puas dalam menggunakan produk dari
PT. Aqua Golden Mississippi. Hal itu dilakukan untuk mempertahankan pelanggan
agar tidak berpaling kepada produk yang lain.
3) Strategi promosi untuk menguasai
pasar
Demi menjaring pelanggan yang banyak PT. Aqua Golden
Mississippi mengutamakan promosi melalui iklan-iklan yang berkualita dan mudah
dimengerti, baik iklan di televisi, radio, maupun iklan di media cetak, dan
lain-lain.
2.4 Strategi
Pemasaran dengan Marketing Mix
Marketing mix merupakan suatu alat marketing yang digunakan
perusahaan untuk mencapai tujuan marketing dalam pasar target. Mizone sebagai
pendatang baru minuman isotonik menunjukkan eksistensinya dengan mengoptimalkan
unsur 4 P marketing mix (Produk, Harga, Distribusi, Promosi) yang kompetitif
Strategi
Marketig Mix PT Danone Aqua terhadap Mizone :
1) Produk (product)
Mizone yang diproduksi oleh Danone Aqua merupakan kategori
minuman isotonik bernutrisi. Diluncurkan pertama kali pada 27 September 2005 di
Surabaya dengan rasa orange lime yang menyegarkan, rasa passion fruit yang
memanjakan selera, dan pada Juni 2008 meluncurkan varian baru dengan rasa
lychee lemon yang sensasional. Mengandung Hydromaxx yaitu : Vitamin B1, B3, B6,
dan B12 untuk membantu metabolisme karbohidrat menjadi energi, Vitamin C,
sebagai antioksidan untuk menjaga kahidupan sel dalam tubuh, dan elektrolit
untuk menggantikan mineral yang hilang akibat pengeluaran keringat. Bahan dasar
Mizone menggunakan air mineral Aqua dan sari buah alami melalui proses
kristalisasi. Mizone sendiri merupakan produk yang sudah terkenal di Australia,
New Zealand, dan Cina.
Pada November 2006 Mizone dilanda krisis karena tidak
menantumkan salah satu bahan pengawet (natrium benzoat) dalam kemasannya. BPOM
memberikan tenggat waktu hingga Desember 2006 agar Mizone menarik produknya
dari pasaran dan memperbaiki label pada kemasan. Pada saat itu, Mizone sudah
beredar di 30 depo, 50 distributor dan 1 juta outlet di seluruh Indonesia. Penjualan
turun drastis sedikitnya Rp 35 miliar perhari. Untuk mengembalikan kepercayaan
konsumen, Mizone melakukan edukasi kepada konsumen melalui promosi baik below
the line maupun above the line.
2) Harga (Price)
Dari segi harga, Mizone sangat kompetitif sekitar Rp 2.500
untuk isi 500 mL, jika dibandingkan dengan isotonik dalam kemasan kaleng yang
yang harganya sekitar Rp 3.300 untuk isi 330 ml .
3) Distribusi (Place)
Distribusi Mizone berorientasi nasional menggunakan jalur
distribusi Aqua yang sangat luas, kuat di pasar tradisional (mudah dijumpai di
warung dan toko-toko yang menjual produk Aqua). Sampai ada suatu istilah di
kalangan distributor “di mana ada Aqua, disitu ada Mizone”.
4) Promosi (Promotion)
Target pasar Mizone adalah semua kalangan umur, namun dalam
kampanyenya lebih ditujukan kepada kalangan usia 18-35 tahun dengan aktivtas
yang dinamis. Mizone melakukan kampanye besar-besaran lewat placement iklan di
televisi (TV), radio, media cetak, dan media luar ruang. Belanja iklan Mizone
sepanjang 2006 paling besar dibandingkan kompetitornya, yaitu sebesar 46,1
milyar. Pada Agustus 2006, Mizone mengadakan sampling road show di beberapa
kota besar pada pusat keramaian. Mizone memasuki sekolah dengan membuat iklan
dan pembuatan logo Mizone pada lapangan olahraga (lapangan basket) serta di
white board SMA ternama di beberapa kota besar.
2.5 Menurut Analisa SWOT Kekuatan dan
Kelemahan PT Aqua Golden Missisippi,
Tbk
KEKUATAN :
Ø Brand Aqua Danone sangat kuat
Ø Aqua Danone sebagai market leader
bisnis air mineral (pangsa pasar 60%)
Ø Memasarkan produk tidak susah,
karena konsumen sudah mengetahui kualitas produk
Ø Kemasan Aqua semakin beragam ( dari
kemasan gelas, botol kecil, sedang hingga galon )
Ø Menggunakan manajemen sumber daya
air yang canggih.
Ø Inovasi terbaru tutup Aqua Galon
yang unik dan inovatif, dan secara eksklusif dilengkapi segel transparan dengan
hologram untuk menjamin terjaganya produk alami dari tiap tetes Aqua
Ø Agen penjualan Aqua yang tersebar
dimana-mana, karena untuk menjadi agen Aqua sangat mudah, hanya dengan
pengambilan minimal 20 galon Aqua
KELEMAHAN :
Ø Kendali pasokan / stok barang berada
di tangan Principal / Main Distributor
Ø Diperlukan Modal Kerja yang cukup
besar
Ø Ketika musim hujan penjualan turun
dan Arus Kas terbenam di Stok Barang.
Ø Air mineral Aqua masih menggunakan
proses Ozonisasi, sehingga menimbulkan stigma negatif pada masyarakat
2.6 Menurut Analisa SWOT Peluang dan
Ancaman PT Aqua Golden Missisippi, Tbk
PELUANG :
Ø Track record distribusi Aqua Danone
bisa dipakai referensi untuk melebarkan sayap bisnis produk Danone Food
(Biskuat dll)
Ø Pemberian bantuan Aqua untuk wilayah
terpencil merupakan salah satu promosi Aqua bahwa Aqua juga perduli terhadap
sesame
Ø Air PDAM yang sekarang sudah tidak
memungkinkan untuk dikonsumsi, maka Pemerintah menganjurkan kepada masyarakat
agar mengkonsumsi air mineral dalam kemasan
Ø Aqua mempunyai kesempatan besar
untuk bisa menembus pasar Internasional
ANCAMAN :
Ø Mulai muncul produk-produk air
mineral baru
Ø Sekarang ini banyak bermunculan
depo-depo air minum isi ulang dikawasan padat penduduk dimana harga yang
ditawarkan jauh lebih murah dibanding Aqua
Ø Adanya kenaikan bahan baku untuk
kemasan, seperti plastik untuk label dan bahan untuk pembuatan gallon
Ø Tidak stabilnya nilai tukar rupiah
terhadap mata uang asing
Ø Melemahnya daya beli konsumen
2.7 Penerapan strategi dalam tata kelola
perusahaan
AQUA memegang saham lebih dari 62% dari pasar botol di
Indonesia, negara berpenduduk terbanyak kelima didunia. Memegang tampuk
pimpinan menjadi sulit. Ada beberapa rintangan yang effektif untuk masuk dalam
industry air dalam botol. Teknologi air dlam botol tidak terlalu sulit dan
kebutuhan modal tidak terlalu berlebihan. Pemasaran menyediakan keunggulan
bersaing yang utama diantara pembuat air dalam botol. Penyaluran yang efisien
dan pengiklananan untuk membedakan dan memproduksi satu kesetiaan pada merek
adalah kunci sukses.
Pembedaan telah menjadi tujuan pertama Tirto. Dalam satu
penggelaran pemasaran yang cemerlang, dia telah memberi nama produknya dengan
AQUA (Nama Latin untuk “Air”. Orang asing di Indonesia, sasaran asli pemasaran
, dapat mengerti apa arti kata itu. Lebih dari 300 bahasa dipakai di Indonesia
dan kepekaan suku sangat penting. Pemilihan bentuk nama Latin dalah netral ,
dan tidak ada kepentingannya dengan kelompok suku tertentu. Sebaga bonus AQUA
adalah kata yang mudah untuk diucapkan untuk pembicara setiap bahasa.
Strategi pemasaran yang asli tidak ditujukan di Indonesia .
Tirto bermaksud untuk memapankan ceruk pasar kecil memasok air aman dan es pada
orang asing di Indonesia. Satu hal yang mengejutkan, uji pemasaran di Terminal
besar di Jakarta dan sepanjang jalan Pantura membuktikan bahwa orang-orang
Indonesia ada kemauan untuk membeli air dalam botol. Berita tentang AQUA
menyebar dari kota besar ke desa-desa kecil diseluruh pelosok tanah air. Tetapi
perkiraan konsumen harus dipikirkan. Sementara perkiraan tersebut AQUA
mengandung mineral sehat, sebenarnya tidak ada apa-apanya selain air dalam
botol.Tidak dikarbonasi dan tidak pula dibumbui. Sejak semula, bagaimanapun, AQUA
secara umum mengacu pada “Air Mineral AQUA” orang Indonesia tidak tahu bagaiman
memperkirakan. Pada awalnya contoh promosi penjualan AQUA dilaksanakan pada
pengunjung bioskop.
2.8 Alternatif Strategi Perusahaan Dalam
Menghadapi Persaingan
AQUA menggunakan seluruh media untuk iklannya. Bis, taxi,
TV, radio, koran, dan majalah membawakan logo dan slogan biru AQUA yang
berbeda. Dalam menjaga kesehatannya, mengangkat citra, AQUA secara aktif
mendukung penyelenggaraan atletik internasional seperti pada jalur dan lapangan,
mendaki gunung, angkat berat. Pada maraton yang populer dan balapan 10.000
meter truk-truk AQUA menyediakan pelari yang kelelahan dengan pancuran air
segar. Sebagai bagian dari hubungan masyarakat, AQUA juga membuka pabriknya
untuk dikunjungi masyarakat untuk meyakinkan masyarakat pelanggan bahwa AQUA
diproduksi dengan cara yang higienis dengan fasilitas, personel, dan manajemen
yang utama.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
1. PT Aqua Golden Mississippi Tbk,
sebagai perusahaan pelopor air minum mineral pertama kali di Indonesia yang
menerapkan go publik yang tujuannya adalah memperbaiki struktur modal menjadi
lebih sehat (Widoatmodjo, 2004: 32).
2. AQUA diorganisasikan secara
pengendalian terpusat dari operasi yang desentralisasi. PT AQUA Golden
Mississippi adalah anggota Aqua Group , koleksi perusahaan dengan kepemilikan
silang dimana Tirto yang paling berkepentingan. Kelompok memusatkan pada
produksi dan distribusi air dalam botol.
3. Pemilihan bentuk nama Latin adalah
netral , dan tidak ada kepentingannya dengan kelompok suku tertentu. Sebaga
bonus AQUA adalah kata yang mudah untuk diucapkan untuk pembicara setiap
bahasa. Pemasaran menyediakan keunggulan bersaing yang utama diantara pembuat
air dalam botol. Penyaluran yang efisien dan pengiklananan untuk membedakan dan
memproduksi satu kesetiaan pada merek adalah kunci sukses.
4. AQUA menggunakan seluruh media untuk
iklannya. Bis, taxi, TV, radio, koran, dan majalah membawakan logo dan slogan
biru AQUA yang berbeda. Sementara pengiklanan dan humas “menarik” AQUA melalui
saluran-saluran distribusi, promosi eceran lokal dan potongan harga “mendorong”
produksi pada pelanggan. Keberhasilan merek dagang AQUA telah menarik paling
tidak 10 peniru untuk menggunakan kata “aqua”. Dengan demikian penerapan nama
“aqua” merupakan alternatif strategi perusahaan dalam rangka menjaga kesetiaan
pelanggan
3.2 Saran
1.
Penerapan
sistem go publik yang mampu memperbaiki struktur permodalan menjadi lebih
sehat, hendaknya dilakukan peninjauan lebih lanjut sehingga dapat menjadi
contoh bagi perusahaan lain untuk berkembang lebih maju.
2.
Penataan
perusahaan khususnya dalam organisasional perlu adanya tinjauan kelemahan dan
kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut untuk mengetahui seberapa jauh
perusahaan tersebut berkembang.
3.
Dengan
menggunakan media komunikasi sebagai sarana promosi, merupakan salah satu
alternatif strategi yang dapat meningkatkan citra perusahaan tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
indri-astuti14.blogspot.com/2015/12/analisa-strategi-pemasaran-pt-aqua.html
Anonim, 2009, Faktor-Faktor Deskriptif Pendorong
Voluntary Delisting Pt Aqua Golden Mississippi, Tbk., http://jurnalskripsi.com/faktor-faktor-deskriptif-pendorong-voluntary-delisting-pt-aqua-golden-mississippi-tbk-pdf.htm
Anonim, 2009, Tentang Danone Aqua,
http://www.aqua.com
Anonim, 2008, Tata kelola perusahaan,
http://id.wikipedia.org/wiki
Getuk, 2006, Aqua Golden Mississippi,
http://getuk.wordpress.com/2006/12/22/aqua-golden-mississippi-2/
Salexte, 2008, Analisis Perkembangan Modal Kerja
Bersih Terhadap Profitabilitas Pada Pt. Aqua golden mississippi, tbk,
http://one.indoskripsi.com/node/6557
Tidak ada komentar:
Posting Komentar